PESHUM
Vol. 2 No. 2: Februari 2023

Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Mata Pelajaran Bahasa Jawa Melalui Metode Sosiodrama Siswa Kelas VI MI Ash-Sholatiyyah Kecamatan Lasem

Anita Wahyu Lestari (MI Ash-Sholatiyyah Lasem)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan yang bersifat khusus yaitu meningkatkan keterampilan siswa melalui menaikkan persentase ketuntasan belajar siswa dari 25 % menjadi minimal 75%. Metode penelitian in yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah murid kelas VI MI Ash-Sholatiyyah Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 anak terdiri dari 11 murid perempuan dan 9 murid laki – laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus mempunyai tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data – data diambil dari nilai latihan soal dan lembar observasi. Tolak ukur keberhasilannya adalah bila persentase nilai siswa yang mencapai KKM adalah minimal 75%. Penelitian tindakan kelas berhasil karena dapat mencapai tujuan umum penelitian yaitu meningkatkan persentase keterampilan siswa tentang peningkatan keterampilan dalam mata pelajaran bahasa jawa dengan mencapai tujuan khusus penelitian yaitu meningkatkan keterampilan siswa melalui menaikkan persentase ketuntasan belajar siswa dari 25 % menjadi minimal 75%. Sebelum diadakan penelitian persentase keterampilan adalah sebesar 25%. Pada akhir penelitian persentase keterampilan siswa adalah sebesar 85%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...