PESHUM
Vol. 3 No. 6: Oktober 2024

Pengaruh Self Instruction Dalam Meningkatkan Harga Diri Anak Jalanan Di Kota Parepare

Pujiardianti Wulandari (Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Asniar Khumas (Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Novita Maulidya Djalal (Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Harga diri merupakan penilaian individu terhadap dirinya yang berharga, mampu dan berguna mengerjakan hal-hal positif, dan menerima kondisi dirinya. Harga diri meningkat seiring bertambah usia dan rentan di masa remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self instruction dalam meningkatkan harga diri anak jalanan di kota Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian adalah anak jalanan di kota Parepare dengan kategori harga diri yang sedang dan rendah, sebanyak 17 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala harga diri yang disusun berdasarkan aspek harga diri yang dikemukakan oleh Rosenberg. Analisis data menggunakan analisis data nonparametric dengan metode uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode self instruction berpengaruh positif dalam meningkatkan harga diri anak jalanan di Kota Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya nilai signifikan p = 0.000 (p < 0.05). Implikasi dari penelitian ini adalah metode self instruction dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan harga diri anak jalanan di usia remaja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...