Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih bersifat teacher center. Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapat informasi. Dengan berkembangnya teknologi dan informasi juga berpengaruh terhadap model pembelajaran. Model pembelajaran yang biasanya digunakan oleh guru berupa model pembelajaran STAD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD yang efektif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode quasi experiment. Penelitian ini si laksanakan pada siswa kelas VII SMP Kartika Kota Padang. Intrumen penelitian ini dikembangkan untuk menilai keefektifan penggunaan model pembelajaran STAD pada pembelajaran matematika. Hasil dari penelitian ini adalah pada tahap efektivitas menggunakan analisis statistika yaitu persamaan Paired Sample Test dengan hasil sig (2-tailed) 0,000 < nilai alfa 0,05 artinya bahwa nilai Sig.2 tailed (0,000) kecil dari nilai alfa ( 0,05) sehinggadapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima, artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran STAD
Copyrights © 2024