PESHUM
Vol. 4 No. 1: Desember 2024

Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Atas

Wienda Gusta (Unknown)
Asma Alhusna (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Pinta Medina (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa kelas XI SMK Negeri 8 Padang. Literasi digital menjadi salah satu kompetensi kunci dalam menghadapi perkembangan era digital, terutama bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dipersiapkan untuk dunia kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 48 siswa sebagai sampel. Instrumen yang digunakan mencakup angket literasi digital serta tes berpikir kritis dan pemecahan masalah, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Siswa dengan tingkat literasi digital yang tinggi menunjukkan kemampuan lebih baik dalam menganalisis informasi, membuat keputusan logis, dan menyelesaikan masalah kompleks. Hal ini mengindikasikan bahwa literasi digital dapat menjadi faktor penting dalam mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21. Penelitian ini merekomendasikan agar sekolah meningkatkan program literasi digital melalui penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dan pelatihan bagi guru. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kurikulum yang mendukung penguasaan literasi digital, khususnya dalam konteks pendidikan vokasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...