Penelitian ini bertujuan mengkaji nilai-nilai Pendidikan karakter yang terdapat dalam novel terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Pendidikan karakter dalam kurikulum yang sedang berlangsung sekarang yaitu kurikulum merdeka, menkadi sebuah fokus penting dalam upaya membentuk generasi yang berakhlak dan berintergritas. Novel menjadi karya sastra yang memiliki potensi besar untuk menanamkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan kerjasama. Melalui analisis yang dilakukan seperti analisis tokoh, alur cerita, dan konflik yang terdapat dalam cerita atau novel tersebut dapat membuat peserta didik belajar tentang dilemma moral serta solusi yang berakar pada nilai-nilai etis. Pembelajaran Bahasa Indonesia di tinggkat SMA dapat menggunakan novel sebagai alat atau sarana dalam memahami nilai karakter sekaligus memperkaya keterampilan berbahasa. Dengan demikian, penggunaan novel dalam pembelajaran tidak hanya meningkatkan keterampilan anilisis sastra peserta didik, tetapi juga berkontribusi dalam pembentukan karakter mereka.
Copyrights © 2024