Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal pilihan ganda pada mata pelajaran Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah kelas XII SMK. Analisis dilakukan menggunakan program komputer ANATES untuk mengukur validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh setiap butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar butir soal memiliki tingkat kesukaran sedang dan daya pembeda yang baik, namun masih terdapat beberapa butir soal yang tidak valid dan memiliki daya pembeda rendah. Penelitian ini memiliki implikasi penting bagi peningkatan kualitas penilaian dalam pembelajaran akuntansi. Hasil analisis dapat digunakan sebagai dasar untuk merevisi butir soal yang kurang baik dan mengembangkan instrumen penilaian yang lebih valid dan reliabel. Dengan demikian, hasil penilaian dapat menjadi cerminan yang lebih akurat dari kemampuan siswa dan dapat digunakan sebagai umpan balik bagi guru untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Copyrights © 2024