PESHUM
Vol. 4 No. 1: Desember 2024

Hubungan Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Gugus II Bone

Atira (a:1:{s:5:"en_US"
s:27:"Universitas Negeri Makassar"
})

Arismunandar (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Irfan (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan dan tingkat hubungan signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus II Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Penelitian ini bersifat korelasional dengan metode Ex post facto. Sampel terdiri dari 62 siswa yang dipilih menggunakan teknik nonprobability sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan statistik klasik, deskriptif, dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan pola asuh orang tua, motivasi belajar, dan hasil belajar IPS berada pada kategori sedang. Hasil inferensial menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS serta antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, keduanya dalam kategori rendah. Secara simultan, pola asuh orang tua dan motivasi belajar memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS dengan nilai korelasi 0,337 (kategori rendah). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola asuh orang tua dan motivasi belajar secara signifikan berhubungan positif dengan hasil belajar IPS siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...