Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pelibatan pemberdayaan karyawan di MTsN 1 Kudus sebagai upaya meningkatkan kinerja dan kepuasan kerja. Pelibatan pemberdayaan karyawan mengacu pada pemberian wewenang, tanggung jawab, dan dukungan kepada karyawan untuk berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan dan pengembangan diri di lingkungan kerja. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pemberdayaan karyawan di MTsN 1 Kudus dilakukan melalui pelibatan dalam pengambilan kebijakan, peningkatan kapasitas melalui pelatihan, serta komunikasi yang terbuka dan transparan antara pimpinan dan karyawan. Kendala yang dihadapi meliputi resistensi terhadap perubahan dan keterbatasan sumber daya, namun dengan strategi yang tepat kendala ini dapat diatasi. Implementasi pemberdayaan karyawan berdampak positif terhadap peningkatan motivasi, produktivitas, dan rasa memiliki terhadap lembaga. Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan berkelanjutan dalam program pemberdayaan untuk memperkuat kualitas sumber daya manusia di MTsN 1 Kudus.
Copyrights © 2025