Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang diterapkan oleh pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di SD Kecamatan Tamban. Latar belakang penelitian ini berfokus pada tantangan yang dihadapi pengawas dalam melaksanakan tugas kependidikan yang tidak hanya sebagai supervisor, tetapi juga sebagai konselor dan motivator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan pengawas PAI, kepala sekolah, serta guru PAI di beberapa sekolah dasar di Kecamatan Tamban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawas PAI menerapkan berbagai strategi, termasuk pemberian pelatihan berbasis kebutuhan, pendampingan intensif, dan peningkatan evaluasi pembelajaran. Selain itu, kolaborasi dengan kepala sekolah dan pengembangan komunitas belajar menjadi bagian penting dari strategi untuk memperkuat kompetensi guru. Pengawas juga melakukan identifikasi terhadap peluang dan hambatan yang dihadapi guru PAI dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan sistematis dan terstruktur oleh pengawas dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan profesionalisme guru PAI di SD. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengawas dalam merumuskan strategi yang lebih efektif untuk pembinaan guru PAI di masa mendatang
Copyrights © 2025