PESHUM
Vol. 4 No. 2: Februari 2025

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Anak Balita Diwilayah Kerja Puskesmas Pulo Brayan

Dwiana Kartika Putri (Unknown)
Julina Br Sembiring (Unknown)
Indah Dewi Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Latar Belakang: Status gizi adalah cerminan ukuran terpenuhinya kebutuhan gizi yang didapatkan dari asupan dan penggunaan zat gizi oleh tubuh. Status gizi dapat ditentukan dengan pemeriksaan klinis, pengukuran antropometri, analisis biokimia, dan riwayat gizi. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui faktor faktor yang berhubungan dengan status gizi pada balita diwilayah kerja Puskesmas Pulo Brayan. Metode: Jenis penelitian adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 ibu yang mempunyai balita yang mengalami status gizi baik, gizi kurang dan gizi buruk diwilayah kerja Puskesmas Pulo Brayan. Pengumpulan data menggunakan data primer, analisis menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan statistik chi-square. Hasil: Penelitian ini menggunakan uji chi-square dengan tingkat kepercayaan 95 % yaitu tidak ada hubungan pendidikan ibu dengan status gizi anak balita p=0,070>0,05. Ada hubungan Pola asuh ibu dengan status gizi anak balita p=0,000<0,05. Ada hubungan penyakit infeksi dengan status gizi anak balita p=0,031<0,05 diwilayah kerja Puskesmas Pulo Brayan Medan Tahun 2024. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pola asuh ibu dan penyakit infeksi denganstatus gizi anak balita, sedangkan tidak ada hubungan pendidikan ibu dengan status gizi pada anak balita.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...