PESHUM
Vol. 4 No. 3: April 2025

Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Di Era Society 5.0

Munawir (Unknown)
Khasanah Arif, Uswatun (Unknown)
Aldaniah Zahrotul Aulia (Unknown)
Sheifi Zahrotul Isti’anah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2025

Abstract

Era Society 5.0 merupakan sebuah konsep yang berasal dari Jepang, yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang harmonis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan inovasi. Perkembangan zaman yang terjadi dapat berdampak pada karakter peserta didik. Dalam beberapa kasus, karakter peserta didik dapat mengalami penurunan karena adanya perkembangan zaman. Karakter adalah nilai-nilai yang terpatri dalam diri seseorang melalui kebiasaan dan pengalaman hidup, yang membentuk cara berpikir, bertindak, dan berinteraksi dengan lingkungan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Metode dilaksanakan dengan menggali sumber yang dijadikan pembahasan misalnya sumber yang menjadi teori selanjutnya dianalisis dan ambil kesimpulan berdasarkan dengan rumusan permasalahan yang diteliti. Peran guru sebagai pendidik yaitu peran-peran yang berhubungan dengan tugas-tugas pemberian bimbingan dan dorongan, tugas -tugas pengawasan dan pembinaan serta tugas-tugas yang berkenaan dengan mendisiplinkan siswa supaya mengikuti setiap peraturan di sekolah dan setiap norma yang ada di keluarga dan di masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...