Jurnal Lempu
Vol. 1 No. 2 (2024): July

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V UPT SDN Unggulan Mongisidi 1

Nirmalasari Nirmalasari (Universitas Negeri Makassar)
Nurhaedah Nurhaedah (Universitas Negeri Makassar)
Herlina Iskandar (UPT SPF SDN Unggulan Mongisidi 1)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan model Discovery Learning dengan metode penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di UPT SPF SDN Unggulan Mongosodi 1 berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian siklus I menunjukkan bahwa hasil rata-rata keaktifan siswa sebesar 62% sedangkan pada siklus II 77% sehingga meningkat 15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas V UPT SPF SDN Unggulan Mongisidi 1.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...