Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas III di UPT SPF SDN Kompleks IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar melalui penerapan model pembelajaran Quantum berbasis humanistis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan seluruh siswa kelas III (15 siswa) dan guru wali kelas. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I, 60% siswa (9 siswa) memperoleh nilai rata-rata 67 dengan kualifikasi cukup (C). Pada siklus II, terjadi peningkatan menjadi 80% siswa (12 siswa) dengan nilai rata-rata 80 dan kualifikasi baik (B). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum berbasis humanistis efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas III di UPT SPF SDN Kompleks IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024