Jurnal Lempu
Vol. 1 No. 3 (2024): November

Penggunaan Literacy Cloud untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IIIB di UPT SPF SD INPRES BTN IKIP 1

Astuti (Universitas Negeri Makassar)
Siti raihan (Universitas Negeri Makassar)
Munawarah (UPT SPF SD INPRES BTN IKIP 1)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2024

Abstract

Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk menggunakan Literacy Cloud sebagai media untuk meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan siswa kelas tiga di UPT SPF SD INPRES BTN IKIP1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Seluruh sisw dari Kelas IIIB sebanyak 21 siswa untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Strategi reduksi, penyajian data, perumusan kesimpulan, dan verifikasi semuanya merupakan bagian dari proses analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ujian siswa pada siklus I cukup baik, dengan rata-rata 68,76 dan tingkat penyelesaian keseluruhan 57%. Dengan peningkatan pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 76,42 dan persentase penyelesaian mencapai 76%, yang dianggap baik. Hasil ini mendukung gagasan bahwa kemampuan pemahaman bacaan peserta didik dapat ditingkatkan melalui penggunaan media Literacy Cloud. Selain itu, siswa juga terlihat aktif selama proses pembelajaran di setiap siklus yang dilaksanakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...