Jurnal Lempu
Vol. 2 No. 1 (2025): March

Penerapan Metode Outdoor Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Inpres 12/79 Walenreng 1 Kecamatan Cina Kabupaten Bone

Sitti Jauhar (Universitas Negeri Makassar)
Rosmalah (Universitas Negeri Makassar)
Nur Islamiati (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang Penerapan Metode Outdoor Learning di SD Inpres 12/79 Walenreng 1 Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Metode Outdoor Learning pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Inpres 12/79 Walenreng 1 Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian tinadkan kelas yang dilakukan pada kelas V SD Inpres 12/79 Walenreng 1 dengan jumlah subjek 17  orang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, tes dan observasi. Tehnik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian serta kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwasanya hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan Metode Outdoor Learning. Hal ini dapat dilihat dari presentasi hasil belajar siswa pada siklus I 64,70% meningkat ke siklus II Menjadi 88,23%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Outdoor Learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS pada siswa kelas V SD Inpres 12/79 Walenreng 1 Kecamatan Cina Kabupaten Bone.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...