ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 2 No 4 (2023): Anthor 2023

Presentation and Communicative Analysis of Physics Textbooks Based on PBL (Problem-Based Learning) GLB and GLBB Materials

Rianto, Maulana Ardiansyah (Unknown)
Hasanah, Atiqotul (Unknown)
Aprilia, Defi Nurdiana (Unknown)
Lestari, Diyah Ayu (Unknown)
Al-Amri, Hanif (Unknown)
Khurizil A, Miftu (Unknown)
Rizki, Putri Annisa (Unknown)
Saputra, Ramadani Dwi (Unknown)
Amanda , Silvi Aprilia (Unknown)
Mahardika, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Pendidikan abad 21 menekankan pentingnya kemampuan siswa untuk mencari solusi dari berbagai sumber, merumuskan masalah, berpikir analitis, dan berkolaborasi. Oleh karena itu, model PBL (Problem Based Learning) merupakan metode yang cocok digunakan dalam pembelajaran karena model ini menuntut siswa untuk berpikir kritis dalam menghadapi masalah kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas buku ajar fisikaberbasis PBL pada materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dari dua aspek yaitu teknik penyajian dan efektivitas komunikatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, aplikasi, dan evaluasi. Namun yang digunakan hanya sampai tahap pengembangan. Untuk teknik analisis data ada tiga cara yaitu mencari rata-rata hasil penilaian masing-masing validator, menghitung validasi gabungan, dan menentukan kategori validasi perangkat pembelajaran. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh persentase validitas sebesar 87,5% untuk teknik Kikian dan 93,75% untuk proses komunikatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

anthor

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

ANTHOR Education and Learning Journal is a scientific publication medium for research studies, academic thoughts, and critical-analytical studies in the field of science and technology, particularly in education and learning, with e-ISSN: 2963-198X and p-ISSN: 2963-2498. This journal aims to ...