ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 2 No 4 (2023): Anthor 2023

Persepsi Mahasiswa Tentang Keragaman Pembelajar Dalam Iklim Akademik Perguruan Tinggi

Febriyanti, Dinni Asih (Unknown)
Rusmawati, Diana (Unknown)
Setyawan, Imam (Unknown)
Suparno, Suparno (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran persepsi mahasiswa mengenai keragaman pembelajar dalam kehidupan akademik kampus. Studi sebelumya menunjukkan bahwa lingkungan sosial yang terbentuk dari pembelajar yang beragam merupakan salah satu penyebab stres akademik yang dialami mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui diskusi kelompok terarah dengan 3 pertanyaan pemandu dan refleksi hasil diskusi secara tertulis. Sebanyak 90 mahasiswa tahun kedua yang terbagi dalam 18 kelompok menjadi partisipan dalam penelitian ini. Analisis tematik enam langkah atas data tertulis menghasilkan lima tema final yang saling terkait membentuk dinamika persepsi mahasiswa tentang keragaman yaitu: 1) Faktor internal keragaman, 2) Faktor eksternal keragaman, 3) Dampak negatif keragaman, 4) Otoritas yang diharapkan, serta 5) Intervensi pengampu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

anthor

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

ANTHOR Education and Learning Journal is a scientific publication medium for research studies, academic thoughts, and critical-analytical studies in the field of science and technology, particularly in education and learning, with e-ISSN: 2963-198X and p-ISSN: 2963-2498. This journal aims to ...