Anak prasekolah tidak selalu dapat beradaptasi dengan baik, anak dapat mengalami hambatan pada saat proses penyesuian diri dengan lingkungan. Adaptasi dengan lingkungan sekolah membutuhkan lingkungan yang nyaman untuk anak. Salah satu metode yang bermanfaat untuk menolong proses adaptasi adalah dengan sebuah permainan. Kinetic play sand merupakan permainan yang bermanfaat menstimulasi anakbermain bersama dan bersosialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinetic play sand terhadap kemampuan adaptasi lingkungan sekolah pada anak usia pra sekolah di PAUD Al-Ihsan Kids Pelem Pare. Desain penelitian ini “One group pre-post test designâ€, dengan teknik pengambilan sampel Purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 20 responden. Hasil penelitian, sebagian besar responden (60%) sebanyak 12 responden memiliki kemampuan adaptasi kriteria kurang sebelum intervensi kinetic play sand dan sesudah intervensi kinetic play sand terdapat sebagian besar responden (75%) sebanyak 15 responden memiliki kemampuan adaptasi kriteria baik. Analisis dengan uji Wilcoxon didapatkan p-value 0,000 < α 0.05 ada pengaruh kinetic play sand terhadap kemampuan adaptasi lingkungan sekolah pada anak usia pra sekolah. Kinetic play sand dapat digunakan sebagai media untuk adaptasi lingkungan baru pada masa prasekolah karena permainan ini memerlukan kerjasama sehingga terbentuk interaksi yang baik dan menyenangkan bagi anak pada saat berada pada lingkungan baru.
Copyrights © 2020