Bullying merupakan sebuah keinginan untuk menyakiti, keinginan ini diperlihatkan ke dalam aksi verbal, fisik, maupun psikis, yang dapat menyebabkan seseorang menjadi menderita. Tujuan penelitian dalam penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan bullying berdasarkan literature review. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan review. Jurnal yang digunakan tahun 2014, 2016, 2018, dan 2020. Penelitian ini menggunakan literature review. Literature yang didapatkan dari SCIMAGO, SINTA, dan Google Scholar databased. 10 publikasi dimasukkan dalam analisis. Hasil studi literature review didapatkan bahwa pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang bullying bervariasi pada setiap penelitian yang telah di review. Literatyre review pada semua hasil penelitian tidak semua responden yang sama. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas pendidikan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan tentang bullying. Anak mempunyai pengetahuan yang kurang sebelum diberikan pendidikan kesehatan dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan anak memiliki pengetahuan yang baik dan pemberian pendidikan kesehatan terbukti efektif dapat meningkatkan pengetahuan pada anak tentang bullying.
Copyrights © 2022