Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar dan Menengah
Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar dan Menengah (JIPDASMEN)

Analisis Kritis Kebijakan Tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan Untuk Jenjang SD/MI

Rosbianti Rosbianti (UIN Malik Ibrahim Malang)
Indriyati Indriyati (Universitas Muhammadiyah Bima)
Nurlaila Nurlaila (Universitas Muhammadiyah Bima)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih tergolong rendah. Faktor penyebabnya adalah rendahnya mutu guru, komitmen, performa, serta tingkat pendidikan guru. Rendahnya performa guru disebabkan karena kurang berfungsinya tugas dan peran Kepala Sekolah serta kebijakan-kebijakan yang dibuat pemerintah. Artikel ini membahas tentang analisis kritis kebijakan tentang standar pendidik dan tenaga kependidikan untuk jenjang SD/MI. Melalui pendekatan studi literatur. Penelitian ini mengkaji tentang kebijakan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami standar pendidikan dan tenaga kependidikan di indonesia. Kesimpulan dari analisis ini adalah pendidik maupun tenaga pendidik memiliki ruang yang sangat fundamental dalam keberhasilan tujuan pendidikan. Hasil analisis kritis ini dapat memberikan wawasan yang bernilai kepada pemegang kebijakan, pendidik dan tenaga kependidikan dan lebih khusus untuk peneliti dalam memahami tentang standar pendidik dan tenaga kependidikan untuk jenjang SD/MI serta meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipdasmen

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar dan Menengah (JIPDASMEN) adalah jurnal nasional yang memiliki cakupan yang membahas tentang kajian Inovasi Kurikulum, Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Bahan Ajar, Manajemen Sekolah, permasalahan siswa, permasalahan guru dan hal-hal lain yang berkaitan dengan ...