Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Kawinda Na’e dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak model pembelajaran ini terhadap peningkatan pemahaman konsep IPA dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Siswa kelas IV dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples, dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Proses pembelajaran dilakukan selama satu semester. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar IPA yang diberikan sebelum dan setelah penerapan model, serta observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples secara signifikan meningkatkan hasil belajar IPA siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Siswa di kelompok eksperimen menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap materi IPA dan hasil tes yang lebih tinggi. Penelitian ini menggarisbawahi efektivitas model pembelajaran ini dalam meningkatkan motivasi dan prestasi akademik siswa.
Copyrights © 2024