Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar dan Menengah
Vol. 2 No. 1 (2025): Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar dan Menengah (JIPDASMEN)

Pemanfaatan Picture and Picture untuk Materi Menulis Karangan Deskripsi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Dita Rahayu (universitas Terbuka)
Syarifuddin Syarifuddin (Universitas Muhammadiyah Bima)
Jalaluddin Jalaluddin (Universitas Terbuka)
Sri Jamilah (Universitas Muhammadiyah Bima)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Alasan peneliti memilih kelas VA SDN 94 Singkawang karena nilainya masih belum mencapai ketuntasan minimum yaitu 65. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata nilai nilai Bahasa Indonesia yaitu 41,52. Siswa yang tuntas hanya tujuh orang, siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak sembilan belas orang. Tujuan, dari Penelitian agar Pemanfaatan Picture and Picture materi menulis karangan deskripsi meningkat kan Hasil Belajar Siswa. Pelaksanaan penelitian perbaikan mempertimbangkan keterbatasan , maka peneliti melakukan kolaborasi dengan teman sejawat dibantu oleh supervisor untuk melaksanakan observasi terhadap tindakan selama proses pembelajaran dikelas proses dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pembelajaran melalui penerapan siklus satu dan siklus dua. Setelah tindakan kelas diberikan pada siklus satu, nilai rata-rata pelajaran Bahasa Indonesia meningkat jadi 56,34. Peningkatan hasil belajar menuliis karangan deskripsi pada pelajaran Bahasa Indonesia melalui pemanfaatan Picture and Picture memberikan hasil yang sedikit meningkat walaupun belum mencapai rata – rata nilai KKM 65,00. Hasil siklus II dengan Picture and Picture rata – rata siswa meningkat menjadi 72,11. Kesimpulan hasil pelaksanaan pembelajaran baik dalam siklus I maupun siklus II melalui pemanfaatan Picture and Picture materi menulis karangan deskripsi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VA SDN 94 Singkawang pada Semester I Tahun Pelajaran 2024/2025

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipdasmen

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar dan Menengah (JIPDASMEN) adalah jurnal nasional yang memiliki cakupan yang membahas tentang kajian Inovasi Kurikulum, Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Bahan Ajar, Manajemen Sekolah, permasalahan siswa, permasalahan guru dan hal-hal lain yang berkaitan dengan ...