Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 3 (2025): MARET 2025

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI PECAHAN PADA BILANGAN DAN ALJABAR SISWA KELAS 6 SD N 066052

Agnes Yohana Lumbanbatu (Universitas Negeri Medan)
Arsya Medika Butar Butar (Universitas Negeri Medan)
Asri Natalia Sitompul (Universitas Negeri Medan)
Cindy Rosdiana Sihotang (Universitas Negeri Medan)
Jelika Taruli Gultom (Universitas Negeri Medan)
Marini Anita Simangunsong (Universitas Negeri Medan)
Doni Irawan Saragih (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa kelas VI-A UPT SDN 066052 Mandala dalam materi pecahan pada konsep bilangan dan aljabar.  Jenis penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dari responden melalui kuesioner. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI-A UPT SDN 066052 Mandala yang berjumlah 11 siswa. Penelitian ini fokus pada pemahaman konsep dasar aljabar pecahan, kemampuan menyelesaikan pengurangan, penjumlahan, perkalian, pembagian, dan bilangan desimal. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian siswa mengalami kesulitan dalam operasi pecahan yang melibatkan variabel aljabar, terutama dalam konsep penyederhanaan dan penyelesaian persamaan pecahan. Faktor utama yang mempengaruhi kesulitan siswa adalah kurangnya pemahaman konsep dasar pecahan, kebingungan dalam langkah-langkah penyelesaian serta minimnya latihan soal yang bervariasi. Penelitian ini menyarankan penggunaan pembelajaran yang lebih bervariasi dan memperbanyak pelatihan soal untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan dalam bilangan dan aljabar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...