Relevancia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 2 No. 1 (2025): Relevancia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Optimalisasi Media Publikasi dan Peran Kehumasan dalam Meningkatkan Perceived Quality serta Brand Association di Pondok Pesantren Nurul Jadid

, Muhammad Zaki Maulana (Unknown)
Misbahul Arifin (Unknown)
Ahmad Faidul Mannan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi media publikasi dan strategi kehumasan dalam meningkatkan perceived quality dan brand association di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Dalam era digital, peran media publikasi, mulai dari advertising hingga cyber public relations, menjadi krusial dalam membangun citra lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara mendalam dengan pengelola humas, analisis dokumen, dan observasi langsung terhadap aktivitas kehumasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media publikasi yang efektif, seperti e-WOM (electronic Word of Mouth), promosi penjualan, dan interaksi simbolik melalui media sosial, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan perceived quality. Selain itu, strategi kehumasan yang berorientasi pada pengelolaan brand association, seperti membangun corporate image yang positif dan meningkatkan brand loyalty di kalangan santri dan masyarakat, mampu memperkuat kepercayaan publik terhadap pesantren. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi strategi kehumasan berbasis teknologi dengan pendekatan etika kehumasan untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara pesantren dan masyarakat. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan model komunikasi dua arah yang simetris untuk memaksimalkan efektivitas media publikasi dalam mendukung keberlanjutan citra positif Pondok Pesantren Nurul Jadid.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

rjpp

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Relevancia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (E-ISSN 3062-8857) is a blind peer-reviewed journal published by Edujavare Publishing, Indonesia. This journal publishes research articles, conceptual articles, field study reports and book reviews on all scopes pendidikan dan pembelajaran (See Focus ...