KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Vol 1 No 2 (2021): KAMBOTI Journal of Education Research and Development

Peningkatan Minat Baca melalui Kegiatan Literasi Baca Tulis bagi Siswa Kelas V SD Kristen Dobo Kabupaten Kepulauan Aru

Agustina Faifet (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura)
Zainudin Notanubun (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura)
Ribka L. Ririhena (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan minat baca melalui kegiatan literasi baca tulis bagi siswa kelas V SD Kristen Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas, dan siswa kelas VB. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan,teknik keabsahan data dan triangulasi data. Hasil penelitian berdasarkan fokus penelitian yang pertama yaitu upaya peningkatkan minat baca siswa di SD Kristen Dobo. Terdiri atas tiga tahap yaitu: (1) tahap perencanaan meliputi; menyusun kegiatan membaca, menentukan target pencapaian, meningkatkan sumber daya guru, menciptakan lingkungan yang nyaman untuk membaca, memilih bacaan sesuai dengan usia, kemampuan dan minat, menempatkan buku pada tempat yang mudah dijangkau dan menyediakan perpustakaan yang memadai. (2)Tahap pelaksanaan meliputi; menerapkan jam wajib baca, memberi motivasi, mengajarkan pada siswa untuk saling bertukar buku dengan teman, memberikan penghargaan (reward) untuk siswa yang gemar membaca, menjadikan buku sebagai pusat informasi (3)Tahap evaluasi meliputi; ketika proses kegiatan membaca berlangsung, evaluasi berkala setiap bulan. Kemudian fokus penelitian kedua tentang implikasi peningkatkan minat baca siswa di SD Kristen Dobo adalah siswa mampu malaksanakan kegiatan membaca secara fokus, siswa mampu malaksanakan kegiatan membaca secara aktif di kelas, siswa mampu menyimpulkan hasil dari membaca, siswa mampu memberikan tanggapan terhadap buku yang dibaca, siswa mampu melaksanakan kegiatan membaca dengan rasa senang tanpa keterpaksaan, siswa mampu meminjam buku bacaan dan siswa mampu membuat karya tulis

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kamboti

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sekilas nama Jurnal kamboti. Kamboti adalah benda berbentuk tabung yang terbuat dari anyaman daun sagu. Tabung Kamboti dibuat dengan tingkat kepadatan yang cukup tepat. Kamboti berfungsi untuk menyimpan tepung sagu yang telah disimpan dan siap diolah menjadi makanan. Jurnal Kamboti memodomi dan ...