cover
Contact Name
Fridolin Vrosansen Borolla
Contact Email
kambotijurnal@gmail.com
Phone
+6282248483402
Journal Mail Official
kamboti.jurnal@mail.unpatti.ac.id
Editorial Address
https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/kamboti/about
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Published by Universitas Pattimura
Core Subject : Education,
Sekilas nama Jurnal kamboti. Kamboti adalah benda berbentuk tabung yang terbuat dari anyaman daun sagu. Tabung Kamboti dibuat dengan tingkat kepadatan yang cukup tepat. Kamboti berfungsi untuk menyimpan tepung sagu yang telah disimpan dan siap diolah menjadi makanan. Jurnal Kamboti memodomi dan menerbitkan hasil penelitian sebanyak-banyaknya tanpa ditolak atau ditolak sepanjang sesuai dengan prinsip ilmiah dan penelitian. Jurnal Kamboti adalah jurnal humaniora sosial yang menerima dan menerbitkan semua hasil penelitian dengan perspektif interdisipliner. Jurnal ini akan diterbitkan untuk pertama kalinya pada tahun 2021. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang berkualitas kepada setiap pembaca yang memiliki minat di bidang sosial humaniora.
Articles 48 Documents
Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa Hediaty La Sitiman
Kamboti Journal of Education Research and Development Vol 1 No 1 (2021): KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Publisher : Universitas Pattimura, Program Studi Diluar Kampus Utama (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/kambotiv1i1p01-13

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa. (2) untuk mengetahui motivasi siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa. (3) untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa.(4) untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa. (5) ntuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa. (6) untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa. Penelitian in merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa, teknik pengambilan sampel melalui Random Sampling dengan besaran sampel 244 siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data mengunakan uji regresi dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kecerdasan emosional siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa secara umum berada pada kategori tinggi (2) motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 sungguminasa secara umum berada pada kategori tinggi (3) hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 sungguminasa secara umum berada pada kategori tinggi (4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara Kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa. Nilai hasil belajar mengikuti peningkatan kecerdasan emosional dengan tingkat koefisien korelasi (r) sebesar 0.492 dan sumbangan efektif R2 sebesar 24.2%. (5) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Suungguminasa. Nilai hasil belajar mengikuti peningkatan motivasi belajar dengan tingkat koefisien korelasi (r) sebesar 0.490 dan sumbangan efektif R2 sebesar 24%. (6) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Suungguminasa. Nilai hasil belajar IPA merupakan fungsi linier dari kecerdasan emosional dan motivasi belajar artinya hasil belajar IPA mengikuti peningkatan kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan tingkat koefisien korelasi (r) sebesar 0,548 dan sumbangan efektif ( R2) sebesar 30%.
Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SDN Angsanah I Palengaan Pamekasan Maulidatul Munawwaroh; Ahmad Fawaid
Kamboti Journal of Education Research and Development Vol 1 No 1 (2021): KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Publisher : Universitas Pattimura, Program Studi Diluar Kampus Utama (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/kambotiv1i1p14-23

Abstract

Penelitian ini mendiskripsikan tentang peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN Angsanah I Palengaan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam penelitian ini menghasilkan: Pertama peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika sangatlah penting. Karena dengan guru melaksanakan perannya sebagai pengajar dan pendidik, motivator, fasilitator, pembimbing, evaluator dan juga menjalankan kompetensi pedagogik, professional, keperibadian dan sosialnya, maka kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa pada mata pelajaran matematika dapat diatasi dengan baik. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN Angsanah I Palengaan Pamekasan meliputi faktor internal dan eksternal.
Model Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Motorik berbasis Permainan untuk Anak Sekolah Dasar usia 7-9 Tahun Ztella Rumawatine
Kamboti Journal of Education Research and Development Vol 1 No 1 (2021): KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Publisher : Universitas Pattimura, Program Studi Diluar Kampus Utama (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/kambotiv1i1p24-31

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran keterampilan motorik berbasis permainan yang sesuai untuk anak sekolah dasar usia 7-9 tahun serta mampu untuk mengembangkan aspek afektif (sikap), kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D), yang mengadaptasi penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall. Teknik. dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) wawancara dan observasi, (2) lembar observasi darft model, (3) lembar pengamatan aktifitas siswa, (4) lembar kuisioner siswa. Teknik analisis data dengan deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran keterampilan motorik berbasis permainan ini sangat sesuai untuk anak sekolah dasar usia 7-9 tahun serta sangat baik untuk mengembangkan aspek afektif (sikap), kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan).
Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru dalam Kehadiran Mengajar di Kelas melalui Penarapan Reward and Punishment di SMP Kristen Kalam Kudus Ambon Imas Rosmiati
Kamboti Journal of Education Research and Development Vol 1 No 1 (2021): KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Publisher : Universitas Pattimura, Program Studi Diluar Kampus Utama (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/kambotiv1i1p32-42

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan disiplin guru dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMP Kristen Kalam Kudus Ambon dengan 13 guru sebagai subjek penelitian. Siklus pertama, ada sosialisasi tentang sistem reward and punishment kepada guru. Selama satu bulan observasi diperoleh data bahwa 2 guru terlambat satu kali, 2 guru terlambat 2 kali, dan 1 guru terlambat satu kali, dan 8 guru tidak pernah terlambat. Guru yang tidak pernah terlambat masuk kelas diberikan reward berupa insentif sebesar Rp. 150.000,00, - sedangkan guru yang terlambat diberikan sanksi berupa (1) guru yang terlambat satu kali diberi peringatan lisan ke-1, (2) guru yang terlambat dua kali diberi peringatan lisan ke-2, dan (3) Guru yang terlambat 3 kali diberi surat teguran tertulis pertama. Pada siklus II setelah proses punishment dan reward dilakukan observasi selama 1 bulan. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi penurunan keterlambatan kehadiran guru di kelas. Hanya ada 1 guru yang terlambat 1 kali. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian reward and punishments secara konsisten dapat meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran di kelas.
Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah pada SMA Negeri 1 TNS Kecamatan Teon Nila Serua Kabupaten Maluku Tengah Marthen Luter Soplera
Kamboti Journal of Education Research and Development Vol 1 No 1 (2021): KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Publisher : Universitas Pattimura, Program Studi Diluar Kampus Utama (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/kambotiv1i1p43-57

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan supervisi akademik, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi akademik, (3) Ketercapaian supervisi akademik, (4) Pelaksanaan supervisi manajerial, (5) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi manajerial kepala sekolah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) Pelaksanaan supervisi akademik, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi akademik, (3) Ketercapaian supervisi akademik, (4) Pelaksanaan supervisi manajerial, (5) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi manajerial kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, ada beberapa temuan yang dikaji dan dapat menggambarkan pada sebuah kesimpulan bahwa pelaksanaan supervisi kepala sekolah pada SMA Negeri 1 TNS belum memberikan kontribusi yang baik terhadap kinerja sekolah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh kepala sekolah antara lain; perlu meningkatkan pengetahuan tentang supervisi, komitmen untuk memajukan sekolah, dan pentingnya kerja sama antara kepala sekolah dengan staf guru, tata usaha khususnya guru-guru senior dalam pelaksanaan supervisi.
Peningkatan Minat Baca melalui Kegiatan Literasi Baca Tulis bagi Siswa Kelas V SD Kristen Dobo Kabupaten Kepulauan Aru Agustina Faifet; Zainudin Notanubun; Ribka L. Ririhena
Kamboti Journal of Education Research and Development Vol 1 No 2 (2021): KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Publisher : Universitas Pattimura, Program Studi Diluar Kampus Utama (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/kambotiv1i2p58-71

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan minat baca melalui kegiatan literasi baca tulis bagi siswa kelas V SD Kristen Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas, dan siswa kelas VB. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan,teknik keabsahan data dan triangulasi data. Hasil penelitian berdasarkan fokus penelitian yang pertama yaitu upaya peningkatkan minat baca siswa di SD Kristen Dobo. Terdiri atas tiga tahap yaitu: (1) tahap perencanaan meliputi; menyusun kegiatan membaca, menentukan target pencapaian, meningkatkan sumber daya guru, menciptakan lingkungan yang nyaman untuk membaca, memilih bacaan sesuai dengan usia, kemampuan dan minat, menempatkan buku pada tempat yang mudah dijangkau dan menyediakan perpustakaan yang memadai. (2)Tahap pelaksanaan meliputi; menerapkan jam wajib baca, memberi motivasi, mengajarkan pada siswa untuk saling bertukar buku dengan teman, memberikan penghargaan (reward) untuk siswa yang gemar membaca, menjadikan buku sebagai pusat informasi (3)Tahap evaluasi meliputi; ketika proses kegiatan membaca berlangsung, evaluasi berkala setiap bulan. Kemudian fokus penelitian kedua tentang implikasi peningkatkan minat baca siswa di SD Kristen Dobo adalah siswa mampu malaksanakan kegiatan membaca secara fokus, siswa mampu malaksanakan kegiatan membaca secara aktif di kelas, siswa mampu menyimpulkan hasil dari membaca, siswa mampu memberikan tanggapan terhadap buku yang dibaca, siswa mampu melaksanakan kegiatan membaca dengan rasa senang tanpa keterpaksaan, siswa mampu meminjam buku bacaan dan siswa mampu membuat karya tulis
Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas V SD Inpres 5 Dobo Antomina Kauy; Arience Lesnussa; Elsinora Mahananingtyas
Kamboti Journal of Education Research and Development Vol 1 No 2 (2021): KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Publisher : Universitas Pattimura, Program Studi Diluar Kampus Utama (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/kambotiv1i2p72-82

Abstract

Bedasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas V SD INPRES 5 DOBO menunjukan bahwa siswa memiliki motivasi belajar IPS yang tergolong masih rendah, sebagian besar siswa belum tekun menghadapi tugas. Untuk mengatasi masalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas V SD Inpres 5 Dobo, maka penelitian ini akan menggunakan model pembelajaran Role Playing yang merupakan model pembelajaran bermain peran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V terkhusus mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Role palying meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas V SD Inpres 5 Dobo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Arikunto tahun 2010. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 5 Dobo yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal baru 52,17% atau 12 siswa yang memiliki motivasi belajar dengan kategori minimal baik. Berangkat dari temuan tersebut peneliti berusaha meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model Role Playing. Pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 73,91% dari 17 siswa memiliki motivasi belajar dengan kategori minimal baik. Hal ini membuktikan bahwa tindakan pada siklus I memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar IPS siswa. Akan tetapi, peningkatan tersebut belum dikatakan berhasil. Hal ini dikarenakan presentase siswa yang mencapan kategori minimal baik belum mencapai = 80%. Hasil pengamatan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan menjadi 95% atau 22 siswa yang memiliki motivasi belajar dengan kategori minimal baik. Selain itu, hasil refleksi menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan siklus II suasana pembelajaran lebih efektif dan optimal. Sebagian besar siswa mulai aktif baik dalam proses pembelajaran maupun dalam bermain drama.
Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV SD Negeri 7 Dobo dalam Pembelajaran PKn pada Masa Pandemik Covid–19 Winda Christa Singkey; Lisye Salamor; Titus Gaite
Kamboti Journal of Education Research and Development Vol 1 No 2 (2021): KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Publisher : Universitas Pattimura, Program Studi Diluar Kampus Utama (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/kambotiv1i2p83-89

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa masih banyak siswa kelas IV SD Negei 7 Dobo Kabupaten Kepulauan Aru yang belum memiliki motivasi belajar yang tinggi. Hal ini terlihat pada pembelajaran PKn dimana tidak semua siswa mau memperhatikan guru ketika sedang menyampaikan materi pelajaran dan masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan dengan sungguh-sungguh, maka Kekurangan yang paling utama dalam proses pembelajaran adalah rendahnya kreativitas siswa dalam mengikuti mata pelajaran PKn. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas IV SD Negei 7 Dobo. Berdasarkan lembar observasi kreativitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari petemuan siklus I terdapat 3 orang siswa yang memiliki motivasi belajar yang sangat rendah, maka hal ini menunjukan bahwa kemandirian serta kreativitas belajar siswa masih pelu ditingkatkan. Kemudian pada pertemuan II terdapat 13 orang siswa yang telah memiliki motivasi belajar yang signifikan, maka hal ini menunjuan bahwa peningkatan kreativitas belajar siswa sudah meningkat dan optimal.
Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Dobo Kabupaten Kepulauan Aru Ema Tukyaur; Arience Lesnussa; Ode Abdulracman
Kamboti Journal of Education Research and Development Vol 1 No 2 (2021): KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Publisher : Universitas Pattimura, Program Studi Diluar Kampus Utama (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/kambotiv1i2p90-97

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa masih banyak siswa kelas IV SD Negei 3 Dobo Kabupaten Kepulauan Aru yang belum memiliki motivasi belajar yang tinggi. Hal ini terlihat pada pembelajaran IPS dimana tidak semua siswa mau memperhatikan guru ketika sedang menyampaikan materi pelajaran dan masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan dengan sungguh-sungguh, maka Kekurangan yang paling utama dalam proses pembelajaran adalah tidak adanya peningkatan belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran IPS.Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negei 3 Dobo. Berdasarkan lembar observasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari petemuan siklus I terdapat 8 orang siswa yang belum tuntas dan belum mencapai tingkat ketuntasan, maka hal ini menunjukan bahwa perlu adanya peningkatan dalam belajar siswa. Kemudian pada pertemuan II terdapat 9 orang siswa yang telah memiliki motivasi belajar yang signifikan, maka hal ini menunjuan bahwa peningkatan hasil belajar siswa sudah meningkat dan optimal.
Pengaruh Penggunaan Metode Cooperative Script terhadap Keterampilan Menulis Narasi pada Muatan Bahasa Indonesia Lulu Luciana Dewi; Marlina Eliyanti Simbolon
Kamboti Journal of Education Research and Development Vol 1 No 2 (2021): KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Publisher : Universitas Pattimura, Program Studi Diluar Kampus Utama (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/kambotiv1i2p98-114

Abstract

This research is motivated by the low writing skills in Indonesian subjects caused by students who think that writing skills are very difficult to do and students have difficulty finding ideas or ideas that are in accordance with the written discourse. This study aims to determine the effect of the Cooperative Script learning model on the narrative writing skills of fifth grade students on the Indonesian language content at SDN 3 Awirarangan. The research method used is pre-experimental with one group pretest posttest design. The independent variable in the research is the cooperative script learning method and the dependent variable in the research is the narrative writing skill. The subjects in this study were all the fifth grade students of SDN 3 Awirarangan totaling 26 students. The data collection technique used a narrative writing test. Data analysis techniques used are normality test and hypothesis testing. Based on the results of the data the average value of students at the time of the pretest was 50 and the average value of the posttest was 79.42, indicating that the average value of students was different between the average value of the pretest before being given treatment and the average value of the posttest after being given treatment. . This is evidenced by the t-test with a significance level of = 5% obtained tcount of 8.28 and the results of ttable 2.06, then tcount (8.28) > ttable (2.06). This states that H1 is accepted and H0 is rejected. Thus, it can be concluded that there is an influence of the cooperative script learning model on the narrative writing skills of fifth grade students on the Indonesian language content at SDN 3 Awirarangan.