KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Vol 4 No 1 (2024): KAMBOTI Journal of Education Research and Development

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Gaya dan Gerak di Sekolah Dasar Kristen Dobo

Julian Oratmangun (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura)
Lowisye Leatomu (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura)
Bintang Lony Vera Victory (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

NHT (Number Heads Together) merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. NHT (Numbered Heads Together) sebagai model pembelajaran pada dasarnya merupakan sebuah variasi diskusi kelompok dengan ciri khas adalah guru memberi nomor dan hanya menunjuk seorang siswa yang mewakili kelompoknya. Sebagai sebiah model pembelajaran NHT lebih mengedepankan kepada aktivitas peserta didik dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan didepan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV Pada Materi Gaya Di SD Kristen Dobo dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil tes awal pada kelas IVc berada pada kualifikasi gagal, hal ini membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa masih sangat minim terhadap materi gaya dan gerak. Proses kegiatan belajar mengajar pada kelas IVc berada pada kualifikasi baik, dimana pada aspek kognitif diperoleh rata-rata skor pencapaian siswa (76.21), aspek afektif (80.24), dan aspek psikomotor (86). Hasil tes akhir secara klasikal tuntas dengan rata-rata skor pencapaian siswa (8.,66). Untuk nilai akhir secara keseluruhan tuntas dengan rata-rata skor pencapaian siswa (83.66). Hal ini menunjukan bahwa semua siswa mampu memahami materi gaya dan gerak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan baik sesuai dengan tahapannya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat membantu siswa untuk mencapai hasil belajar pada materi gaya dan gerak, karena dalam model pembelajaran ini siswa dilibatkan langsung dari awal pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dan kreatif dalam mengkonstruksi pengetahuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kamboti

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sekilas nama Jurnal kamboti. Kamboti adalah benda berbentuk tabung yang terbuat dari anyaman daun sagu. Tabung Kamboti dibuat dengan tingkat kepadatan yang cukup tepat. Kamboti berfungsi untuk menyimpan tepung sagu yang telah disimpan dan siap diolah menjadi makanan. Jurnal Kamboti memodomi dan ...