Latar Belakang: Anak usia sekolah termasuk kelompok umur yang rentan mengalami masalah gizi. Status gizi anak usia sekolah perlu diperhatikan karena merupakan faktor penting yang mendukung kemampuan kognitif dan status kesehatan. Pengetahuan juga salah satu faktor yang mempengaruhi pemilihan makanan. Sikap terhadap gizi yang kurang tepat dapat diubah melalui pendidikan gizi dan upaya-upaya pendidikan gizi pada anak-anak lebih efektif dilakukan di sekolah. Terdapat alasan mengapa dipilihnya media puzzle menjadi alat untuk edukasi, yaitu karena puzzle dapat melatih dan meningkatkan keterampilan. Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan pemberian edukasi gizi dengan media puzzle tumpeng gizi seimbang terhadap pengetahuan dan sikap siswa di SD Negeri 06 Teluk Pakedai. Metode: Penelitian ini bersifat pra eksperimen dengan rancangan kelompok pre and posttest design. Subjek penelitian adalah remaja putri Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya. Sampel penelitian sebanyak 35 responden yang diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara langsung. Edukasi gizi dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan yang dilakukan selama dua minggu. Hasil: Rata-rata pengetahuan dan sikap antara sebelum dan sesudah diberi edukasi gizi pada responden terjadi peningkatan yang signifikan yaitu p value <0,05. Kesimpulan: Edukasi gizi melalui media puzzle tumpeng gizi seimbang mampu meningkatkan pengetahuan dan sikap
Copyrights © 2024