Pondok Pesantren Mustahafawiyah banyak mengalami tantangan sejalan dengan perkembangan sosial yang mengitarinya. Balasan yang bersumber baik dari faktor internal maupun faktor eksternal pesantren, tantangan yang bersumber dari faktor internal seperti pekembangan kurikulum dari tahun ketahun yang semakin meningkat karena tuntutan zaman,. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di Pondok Pesantren Musthafawiyah,kurikulum yang di gunakan di Musthafawiyah masih merujuk kepada kurikulum lama yang di buat oleh Tuan Syeh H. Musthafa Husein Nasution,dan kurikulum itu masih di pakai hingga sekarang akan tetapi kurikulum baru (kemenag) sudah memasuki pondok pesantren tersebut,tentunya hal iniĀ akan banyak mata pelajaran yang di ambil oleh santri sehingga manajemen kurikulum harus dipersiapkan secara tepat dan memberikan kenyamanan dalam belajar santri. Adapun tujuan penelitian ini Mengungkapkan perkembangan kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal.Mengetahui faktor yang mempengaruhi perkembangan kurikulum di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Kab. Mandailing Natal.Mengetahui implikasi perkembangan kurikulum terhadap capaianĀ pembelajaran siswa di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Kab. Mandailing Natal. Adapun jenis penelitian dalam permasalahan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan sejarah (historical research). Perkembangan kurikulum yang terjadi di pondok pesantren musthafawiyah purba baru di sebabkan dengan perkembangan zaman sekarang. Dimana PonPes Musthafawiyah sudah melakukan 2 pergantian kurikulum yaitu SKB 3 Mentri dan Muadalah, akan tetapi kurikulum yang di buat pendiri masih di pakai hingga sekarang. Faktor yang mempengaruhi kurikulum pendidikan di ponpes musthafawiyah purba baru itu dipacu pada dua faktor yang mempengaruhi yaitu faktor eksternal dan internal, faktor eksternalnya adalah guru, siswa ataupun orang-orang yang terkait didalamnya. Sedangkan untuk faktor internalnya adalah perguruan tinggi, lingkungan masyarakat. Implikasi perkembangan kurikulum terhadap capaian belajar siswa dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menerapkan kurikulum tersebut. para guru juga melakukan upaya/usaha dalam meningkatkan kualitas belajar diantaranya melalui karakteristik belajar dimana para guru merancang sebuah metode pembelajaran yang di senangi siswa.
Copyrights © 2023