Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pendidikan Agama Islam dalam keluarga dan Kedisiplinan Beribadah siswa SMP YASPEN Cerdas Bangsa Namorambe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jumlah respondennya 40 siswa SMP YASPEN Cerdas Bangsa Namorambe. Penelitian diadakan pada bulan Mei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu dokumentasi, observasi dan angket. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai responden dan sekolah, observasi dilakukan untuk melihat aktivitas belajar mengajar serta keagamaan siswa sedangkan metode angket digunakan untuk mengambil data tentang kedua variabel, yakni untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama islam dalam keluarga dan kedisiplinan beragama siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan mengunakan teknik analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjut. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi dengan menunjukkan ada pengaruh pendidikan agama islam dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa SMP YASPEN Cerdas Bangsa Namorambe. Hal ini diketahui dari koefisien korelasi antara pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dengan kedisiplinan beragama siswa yaitu sebesar 0,425. Nilai r hitung dikonsultasikan dengan nilai rtabel product moment dengan N = 40 dan taraf signifikansi kepercayaan 5% yaitu 0,312. Sehingga terbukti r hitung r tabel , sehingga hipotesis Ha yang diajukan “diterima“. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama islam dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa SMP YASPEN Cerdas Bangsa Namorambe.
Copyrights © 2023