Tujuan Penelitian ini dilakukan adalah, pertama, mengetahui implementasi pembelajaran akidah akhlak di MTs YPK Sidomulyo Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara. Untuk mengetahui apakah implementasi pembelajaran akidah akhlak dapat membentuk karakter siswa di MTs YPK Sidomulyo Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara. Untuk mengetahui faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa MTs YPK Sidomulyo Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara. Metode penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dengan informan kepala sekolah dan guru akidah akhlak. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa implementasi pembelajaran akidah akhlak di MTs YPK Sidomulyo Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara dilakukan dengan tiga cara yaitu melalui proses belajar-mengajar di kelas, melalui peneladanan dari guru dan melalui nasehat oleh guru akidah akhlak serta melalui hukuman kepada siswa yang melanggar peraturan. Implementasi pembelajaran akidah akhlak dapat membentuk karakter siswa di MTs YPK Sidomulyo Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara. Faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa MTs YPK Sidomulyo adalah faktor dari dalam yaitu faktor usia siswa yang masih labil sehingga masih mudah terpengaruh dan berubah terhadap karakter dari yang diajarkan oleh guru. Faktor dari luar adalah adanya pengaruh dari luar diri siswa yaitu pengaruh teman dan pengaruh media sosial.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024