Istifkar: Media Transformasi Pendidikan
Vol 5 No 1 (2025): Istifkar: Media Transformasi Pendidikan

ANALISIS PANDANGAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: REKONSTRUKSI KONSEP DAN PRAKTIKNYA

Ahmad Munarun (Unknown)
Nita Yuli Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Pendidikan multikultural berperan penting dalam membangun masyarakat yang inklusif dan harmonis, terutama di tengah keberagaman etnis, agama, dan budaya. Dalam perspektif pendidikan agama Islam, nilai-nilai multikultural yang berlandaskan Al-Qur'an dan Hadis dapat diintegrasikan untuk menciptakan siswa yang toleran, inklusif, dan mampu menghargai perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji landasan filosofis Islam yang mendukung pendidikan multikultural dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diterapkan dalam kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah formal. Menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka, penelitian ini menganalisis data dari sumber primer dan sekunder untuk mengidentifikasi prinsip-prinsip Islam yang relevan, seperti keadilan, toleransi, dan tanggung jawab kolektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai multikultural dalam ajaran Islam mampu menjadi fondasi kuat untuk mendorong kerukunan antarumat beragama, meningkatkan pemahaman lintas budaya, dan menciptakan masyarakat yang lebih damai. Studi ini menegaskan urgensi integrasi nilai-nilai multikultural dalam pendidikan agama Islam sebagai langkah strategis dalam menghadapi tantangan globalisasi dan mewujudkan stabilitas sosial di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

istifkar

Publisher

Subject

Religion Education

Description

1) Ilmu Pendidikan Islam, 2) Kurikulum Pendidikan Islam, 3) Evaluasi Pendidikan Islam, 4) Psikologi Pendidikan, 5) Filsafat Pendidikan, 6) Metode Pembelajaran dan Pengajaran, 7) Kajian Pendidikan Pesantren 8) Kajian Pendidikan ...