Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Pengaruh Metode Open Ended dan STAD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Prestasi Belajar

Alman Alman (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Almuhaimin Sarnav Ituga (Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri)
Ahmad Yulianto (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Asrul Asrul (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan factorial design. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan fakta-fakta akibat dari perbedaan pengaruh metode Open ended dengan metode STAD terhadap pemecahan masalah matematika peserta didik ditinjau dari prestasi belajar. Dimana prestasi belajar digolongkan menjadi dua tingkat yaitu prestasi tinggi dan rendah.Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Serayu.Data di analisis dengan uji univariat ANAVA. Hasil penelitian adalah (1). Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajarkan dengan metodeopen ended dan metode STAD. (2). Nilai-rata-rata posttest prestasi open ended tertinggi peserta didik adalah 95,71 dan nilai rata-rata rendah 63,92. Nilai rata-rata total prestasi open ended adalah 81,04. Sedangkan nilai rata-rata postest prestasi STAD tertinggi peserta didik adalah 95,50 dan nilai rata-rata posttest prestasi STAD rendah 70,00. Nilai rata-rata total posttest prestasi peserta didik adalah 89,13. (3). Tidak ada interaksi antara metode open ended dan metode STAD .

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Ruang Lingkup Pendidikan Dasar meliputi 5 bidang ...