Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Penggunaan Media Interaktif berbasis Animasi Power Point terhadap Hasil Belajar Materi Gaya dan Gerak di Sekolah Dasar

Nur Linda Auliah (Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Asrul Asrul (Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Indri Anugrah Ramadhani (Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gaya dan gerak pada mata pelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 51 Kabupaten Sorong. Jenis Penelitian Ini adalah Penelitian Kuantitatif, dengan pendekatan Pre-Eksperimental dengan desain One Group Pretest dan Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik jenuh sehingga semua siswa menjadi sampel yakni sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, tes dan Dokumentasi. Instrument penelitian berupa lembar observasi, soal pretest dan postest dan pengumpulan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media animasi pada pembelajaran IPA di kelas IV. Hal ini dapat dilihat dari hasil Prettest ( sebelum di beri treatmen ) di kelas IV Memiliki nilai rata-rata 35. Sedangkan hasil dari posttest ( setelah di beri treatmen ) di kelas IV Memiliki nilai rata-rata 70. hasil ini menggunakan uji t dengan hasil yang di peroleh, t hitung > t tabel dengan df = (n-1) yaitu 1,71088 > 49,585. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifkan media animasi powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik di SD Inpres 51 Kabupaten Sorong.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Ruang Lingkup Pendidikan Dasar meliputi 5 bidang ...