JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Vol. 10 No. 3 (2022): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

PERSEPSI DAN PENGETAHUAN SISWA SMA DALAM MENGHUBUNGKAN KONSEP FISIKA DENGAN GEMPA BUMI YANG TERJADI DI PASIGALA

ALMI, NUR (Unknown)
WERDHIANA, I KOMANG (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi dan pengetahuan siswa SMA dalam menghubungkan konsep fisika dengan gempa bumi yang terjadi di Pasigala. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini dipilih subjek penelitian sebanyak 91 siswa SMA kelas XII jurusan IPA yang ada di SMA Negeri 2 Palu, SMA Negeri 1 Sigi, dan SMA Negeri 1 Sindue. Dimana secara berurut responden dari SMA Negeri 2 Palu sebanyak 32 siswa, SMA Negeri 1 Sigi sebanyak 26 siswa, dan SMA Negeri 1 Sindue sebanyak 33 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan kuesioner persepsi sebanyak 15 peryataan dan soal tes pengetahuan sebanyak 15 pertanyaan yang diisi oleh seluruh responden. Dari hasil analisis kuesioner pada ketiga sekolah diketahui bahwa persepsi siswa dalam menghubungkan konsep fisika dengan gempa bumi yang terjadi di pasigala dalam kategori sangat baik. Sedangkan pengetahuan siswa dalam menghubungkan konsep fisika gempa bumi yang terjadi di pasigala dalam kategori kurang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpft

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

The Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online is a peer-reviewed journal published three times a year (April, August, and December) by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tadulako. The journal serves as a communication platform for researchers, ...