JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Vol. 10 No. 1 (2022): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

ANALISIS MISKONSEPSI PADA MATA PELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST

Maliada, Nurfitra (Unknown)
Kade, Amiruddin (Unknown)
Miftah, Miftah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi kejadian miskonsepsi yang dialami siswa pada mata pelajaran fisika pada materi usaha dan energi. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banggai Selatan dengan menggunakan instrumen tes diagnostik berformat three-tier. Hasil penelitian yang diperoleh rata-rata miskonsepsi siswa pada materi usaha dan energi diklasifikasikan termasuk kategori tinggi karena persentase yang didapatkan > 61% yakni sebesar 71 %. Penyebab miskonsepsi yang dialami siswa yaitu karena kurangnnya keterampilan peserta didik dalam memahami materi, penyebab lainnya yaitu dari pengajar dan kurangnya minat serta antusia belajar peserta didik untuk mengikuti pembelajaran fisika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpft

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

The Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online is a peer-reviewed journal published three times a year (April, August, and December) by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tadulako. The journal serves as a communication platform for researchers, ...