Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Pengaruh Media Buku Interaktif Digital terhadap Hasil Belajar Materi Keberagaman Budaya Indonesia Siswa Kelas V

Evina Novianti (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Feri Tirtoni (Prodi PGSD, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran buku interaktif digital terhadap hasil belajar materi keberagaman budaya Indonesia siswa kelas 5 SD Negeri Kenongo 1. Jenis penelitian ini menggunakan metode Eksperimen jenis Pre – Eksperiemntal yang menggunakan desain One Group Pre-Test Post-Test Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas 5 SD Negeri Kenongo 1 dengan menggunakan teknik purposive sample. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi berupa wawancara, kuisioner, dokumentasi dan tes. Data Hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata rata pre test sebesar 59,58 dan nilai rata rata post test sebesar 81,25. Sedangkan hasil uji hipotesis pada data hasil belajar menunjukkan bahwa hasil uji paired sample T-Test memiliki t - hitung sebesar 9.649 dengan dk = n-1 (24-1 = 23) t – tabel sebesar 1,713 serta signifikansi (2-tailed) 0,000. Menurut panduan dasar pengambilan keputusan bahwa apabila nilai signifikansi < 0,05, sehingga dinyatakan media pembelajaran buku interaktif digital berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas 5.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Ruang Lingkup Pendidikan Dasar meliputi 5 bidang ...