Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 3 (2024): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Metode Read Aloud Berbantuan Flash Card untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Mufidah, Siti (Unknown)
Supriyono, Supriyono (Unknown)
Rahayuningsih, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode read aloud berbantuan flashcard untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I sekolah dasar. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Subjek dari penelitian ini yaitu Guru kelas I beserta siswa kelas I SD yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian dari penelitian ini pada siklus I diketahui siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 47% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 17 siswa atau 53% dari 32 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumlah rata-rata pada siklus I sebesar 59,25%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode read aloud berbantuan flashcard untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan di kelas I belum berhasil. Sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai kriteria tuntas sebanyak 26 siswa atau 81% sedangkan yang yang belum tuntas sebanyak 6 siswa atau 19% dari jumlah keseluruhan 32 siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas dengan jumlah rata-rata pada siklus II sebesar 72,00%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode read aloud berbantuan flashcard dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Ruang Lingkup Pendidikan Dasar meliputi 5 bidang ...