Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Eti Endang Kusmiati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Widartiningsih Widartiningsih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Endang Fauziati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muhibbin Muhibbin (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kognitif Jean Piaget dan implemetasinya pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Sumber data berasal dari buku, jurnal, dan hasil penelitian. Analisis data dilakukan melalui content analysis. Content analysis merupakan teknik apapun yang digunakan untuk menarik kesimpulan dalam upaya menemukan ciri-ciri suatu pesan, dan dilakukan secara objektif dan sistematis yang terkandung dalam media komunikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan implikasi teori Piaget, peserta didik harus dapat difasilitasi untuk belajar secara mandiri melalui keadaan yang diciptakan oleh seorang pendidik. Oleh karena itu, dalam belajar IPA yang biasanya kebanyakan menghitung dan menganalisa contoh soal disarankan menggunakan metode pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa seperti metode discovery learning dan pembelajaran kontekstual. Pendidik sebagai fasilitator harus dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar serta berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan bukan sebatas menyampaikan isi dari suatu bahan ajar kepada peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Ruang Lingkup Pendidikan Dasar meliputi 5 bidang ...