Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran membuat peserta didik kurang aktif dan kesulitan dalam memhami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah E-modul pada materi Kekongruenan dan Kesebangunan yang valid dan praktis untuk peserta didik di kelas IX SMP Negeri 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D. produk yang dikembangkan berupa E-modul pada materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar praktikalitas, dan pedoman wawancara. Hasil uji validitas E-modul, diperoleh hasil validitas E-modul sebesar 92,35% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil praktikalitas yang diujikan kepada guru matematika dan peserta didik kelas IX SMP Negeri 18 Padang diperoleh hasil persentasenya 94,60% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-modul pada materi kekongruenan dan kesebangunan di SMP Negeri 18 Padang sudah layak untuk digunakan dan berada pada kategori valid dan praktis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025