Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif-eksploratif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemberian scaffolding dalam menyelesaikan masalah matematika pada pembelajaran remedial siswa kelas X SMAN 4 parepare. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/ 2025. Subjek dalam penelitian ini sebanyak tiga orang siswa yang terdiri dari masing-masing satu orang siswa dengan kemampuan aktual tinggi, sedang dan rendah. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrument pendukung terdiri dari tes, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dengan mengamati hasil tes dan hasil wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka diperoleh (1) Soal nomor 1, siswa dengan kemampuan aktual tinggi dan sedang hanya mampu memahami informasi serta merancang strategi penyelesaian. Siswa dengan kemampuan aktual rendah belum terlihat langkah-langkah penyelesaian. Soal nomor 2, siswa dengan kemampuan aktual tinggi dan sedang mampu memahami informasi, merencanakan strategi penyelesaian, menyelesaikan soal, dan menarik kesimpulan dengan tepat. Siswa dengan kemampuan aktual rendah mampu menyelesaikan soal, tetapi mengalami kekeliruan dalam mengidentifikasi istilah. (2) Soal nomor 1, siswa dengan kemampuan aktual tinggi diberikan scaffolding reviewing, restructuring, dan developing conceptual thinking. Siswa dengan kemampuan aktual sedang diberikan scaffolding reviewing, explaining, restructuring, dan developing conceptual thinking. Siswa kemampuan aktual rendah diberikan scaffolding reviewing dan restructuring. Soal nomor 2, siswa dengan kemampuan tinggi dan sedang tidak memerlukan scaffolding, siswa dengan kemampuan rendah diberikan scaffolding reviewing dan developing conceptual thinking. (3) Soal nomor 1, siswa dengan kemampuan aktual tinggi dan sedang memiliki kemampuan potensial yaitu mampu memahami informasi, merancang strategi penyelesaian, melakukan perhitungan, serta menarik kesimpulan dengan tepat, sehingga dapat menyelesaikan soal secara benar. Siswa dengan kemampuan aktual rendah yaitu mampu memahami informasi dan menyusun persamaan dengan metode eliminasi, namun mengalami kesulitan dalam faktorisasi persamaan kuadrat sehingga tidak dapat menyelesaikan soal secara tuntas. Soal nomor 2, siswa dengan kemampuan aktual tinggi, sedang dan rendah memiliki kemampuan potensial yang sama, yaitu mampu memahami informasi, melakukan proses penyelesaian, serta menarik kesimpulan dengan tepat.
Copyrights © 2025