Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal fisika dalam bentuk gambar ditinjau dari perbedaan gender peserta didik kelas XI SMAN 22 Gowa, mengetahui kemampuan menyelesaikan soal fisika dalam bentuk cerita ditinjau dari perbedaan gender peserta didik kelas XI SMAN 22 Gowa, dan mengetahui perbedaan kemampuan menyelesaikan soal fisika antara soal bergambar dan soal cerita ditinjau dari perbedaan gender peserta didik kelas XI SMAN 22 Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, kemampuan peserta didik laki-laki dalam menyelesaikan soal bergambar berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 62,69, sedangkan kemampuan peserta didik perempuan berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 60,05. Kedua, kemampuan peserta didik laki-laki dalam menyelesaikan soal cerita berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 79,69, sedangkan kemampuan peserta didik perempuan berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 80,76. Ketiga, berdasarkan hasil uji wilcoxon signed rank disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menyelesaikan soal fisika antara soal bergambar dan soal cerita ditinjau dari perbedaan gender peserta didik karena nilai zhitung > ztabel (4,484 > 0,00004).
Copyrights © 2025