JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar dan Buku Komik terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 105358 Sekip Lubuk Pakam

Syahrani, Adelia (Unknown)
Gultom, Ibrahim (Unknown)
Simanungkalit, Erlinda (Unknown)
Halimatusakdiah, Halimatusakdiah (Unknown)
Sembiring, Masta Marselina (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media buku cerita bergambar dan buku komik terhadap kemampuan membaca siswa kelas I SDN 105358 Sekip Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode kuasi eksperimen dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDN 105358 Sekip Lubuk Pakam dengan jumlah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan nonprobability sampling, yaitu sampling jenuh dengan mengikutsertakan seluruh partisipan menjadi sampel yaitu sebanyak 54 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Uji coba instrument dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran tes dan uji daya beda. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan output pair 1, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penggunaan media buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca siswa, baik pada pre-test maupun post-test kelas eksperimen 1. Adapun hasil output pair 2, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media buku komik terhadap kemampuan membaca siswa, baik pada pre-test maupun post-test kelas eksperimen 2, yang artinya bahwa penerapan penggunaan media buku cerita bergambar dan buku komik berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa kelas I SDN 105358 Sekip Lubuk Pakam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...