Dukungan yang diberikan orang tua tidak hanya berkaitan dengan fasilitas belajar, tetapi juga motivasi emosional, penghargaan, dan bimbingan yang diperlukan untuk mendorong anak agar dapat belajar secara mandiri. Dukungan orang tua dalam bentuk komunikasi positif dan penghargaan terhadap usaha anak dapat meningkatkan motivasi belajar, yang berdampak langsung pada kemandirian anak. Dukungan tersebut membantu anak dalam proses belajar untuk dapat mengembangkan kemandiriannya. Jenis metode penelitian yang kami pakai adalah Penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar anak di sekolah dasar. Dukungan ini terwujud dalam berbagai bentuk, termasuk dukungan emosional, penghargaan, instrumental, dan informatif. Pertama, dukungan emosional yang diberikan oleh orang tua, seperti perhatian, kasih sayang, menciptakan suasana yang nyaman bagi anak. Dalam lingkungan seperti ini, anak merasa dihargaitermotivasi untuk belajar, pada peningkatan kemandirian mereka.Dukungan orang tua memiliki peran yang sangat vital dalam meningkatkan kemandirian belajar anak. Dukungan emosional dan penghargaan dari orang tua menciptakan motivasi yang kuat bagi anak untuk belajar secara mandiri. Meskipun banyak orang tua yang terhambat oleh kesibukan dan kurangnya pemahaman terhadap materi pelajaran, peran mereka sebagai fasilitator, motivator, dan pembimbing sangat diperlukan untuk membentuk karakter anak yang mandiri.
Copyrights © 2025