JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Kasus Sengketa Merek PT. Tiktok LTD. VS Merek Tiktok Fenfiana

Mawaddah, Dzulfah (Unknown)
Fansiska, Claudya (Unknown)
Diniarti, Laura Safira (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, identitas merek yang kuat sangat penting bagi perusahaan untuk membedakan dirinya dan membangun loyalitas pelanggan. Merek dagang memainkan peran penting dalam melindungi identitas merek perusahaan dan mencegah penggunaan tidak sah oleh pihak lain. Penelitian ini mengkaji pentingnya perlindungan merek melalui studi kasus PT. TikTok Ltd vs Fenfiana Saputra, dimana PT. Permohonan TikTok Ltd untuk mendaftarkan merek dagang "TikTok" untuk produk pakaian ditolak karena Fenfiana Saputra sebelumnya telah mendaftarkan merek yang sama pada tahun 2009. Studi ini menyoroti pentingnya pendaftaran merek dagang, pentingnya penggunaan merek dagang secara aktif, dan prinsip "pertama yang mengajukan" dalam menentukan kepemilikan merek dagang. Studi kasus menunjukkan bahwa bahkan merek global terkenal seperti TikTok tidak dapat mengklaim kepemilikan merek dagang dalam kategori produk tertentu jika pihak lain telah mendaftar dan menggunakan merek tersebut dalam kategori tersebut. Studi ini menyimpulkan bahwa dunia usaha harus memprioritaskan pendaftaran merek dagang untuk memastikan perlindungan hukum dan mencegah pihak lain mengklaim merek serupa. Pencarian menyeluruh harus dilakukan sebelum mengajukan merek dagang untuk memastikan keunikan dan ketersediaannya. Studi ini juga menekankan perlunya dunia usaha untuk mendaftarkan merek dagang mereka di semua kelas produk dan layanan yang relevan untuk menghindari potensi perselisihan hukum.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...