JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengembangan Media Pembelajaran IPS Digital untuk Meningkatkan Literasi Sosial Siswa SMP

Manik, Alvin Putra Hariando (Unknown)
Ginting, Friska Rehulina Br (Unknown)
Damanik, Nurul Fazira (Unknown)
Marbun, Susi Krisdayanti (Unknown)
Yunita, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengembangan media pendidikan digital dengan tujuan meningkatkan literasi sosial siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Latar belakang studi ini menyoroti hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran IPS yang tradisional, seperti metode pengajaran yang membosankan dan kurangnya media yang menarik, serta kebutuhan akan pendekatan yang lebih interaktif di era digital saat ini. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian perpustakaan, menggunakan analisis konten dan pendekatan deskriptif untuk menilai kelayakan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Temuan yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran IPS digital yang dirancang memperoleh penilaian yang positif dari para ahli materi, ahli media, dan pendidik, dengan skor kelayakan yang rata-rata berkisar antara 3,3 hingga 4. Secara keseluruhan, penggunaan media digital dalam pembelajaran IPS terbukti efektif dalam meningkatkan literasi sosial siswa, mempersiapkan mereka dengan keterampilan analisis kritis, komunikasi, dan kesadaran terhadap masalah sosial yang ada di sekitar mereka. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan sangat penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan berarti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...