JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Pengaruh Permainan Berbasis STEM dalam Pembelajaran IPAS Pada Materi Perubahan Energi terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik di Sekolah Dasar

Karo, Lindi Apriantika Br (Unknown)
Siahaan, Stevi Adinda (Unknown)
Tambunan, Rose D.O. (Unknown)
Syahrial, Syahrial (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2025

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Salah satu pendekatan inovatif yang dapat mendukung pengembangan keterampilan ini adalah Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan berbasis STEM dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada materi perubahan energi terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur dengan menganalisis berbagai sumber ilmiah terkait penerapan permainan berbasis STEM dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan berbasis STEM dapat meningkatkan pemahaman konseptual, keterampilan pemecahan masalah, serta motivasi belajar peserta didik. Selain itu, pendekatan ini juga mendukung kolaborasi dan kreativitas dalam menyelesaikan masalah secara sistematis. Dengan demikian, penerapan permainan berbasis STEM dapat menjadi strategi pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar dan mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...