Pendidikan abad ke-21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Salah satu pendekatan inovatif yang dapat mendukung pengembangan keterampilan ini adalah Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan berbasis STEM dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada materi perubahan energi terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur dengan menganalisis berbagai sumber ilmiah terkait penerapan permainan berbasis STEM dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan berbasis STEM dapat meningkatkan pemahaman konseptual, keterampilan pemecahan masalah, serta motivasi belajar peserta didik. Selain itu, pendekatan ini juga mendukung kolaborasi dan kreativitas dalam menyelesaikan masalah secara sistematis. Dengan demikian, penerapan permainan berbasis STEM dapat menjadi strategi pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar dan mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan abad ke-21.
Copyrights © 2025