JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pemanfaatan Media Dakon Matematika (Dakota) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengurangan Bersusun di Kelas II SD Negeri 1 Biak Muli Kabupaten Aceh Tenggara

Alif, Naiya Sharfina (Unknown)
Vitoria, Linda (Unknown)
Safiah, Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran matematika adalah proses yang terjadi selama kegiatan belajar mengajar dengan menjadikan matematika sebagai objek kajian utama untuk dipelajari. Seiring dengan berkembangnya zaman, kualitas pembelajaran matematika di Indonesia harus terus ditingkatkan. Tetapi pada kenyataannya banyak siswa yang takut jika harus berhadapan dengan matematika. Keberhasilan seseorang dalam memahami suatu pelajaran tertentu dapat diketahui dari hasil belajar. Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi pengurangan bersusun dikarenakan operasi tersebut masih dianggap abstrak bagi sebagian siswa. Serta kurangnya variasi alternatif pemecahan persoalan pengurangan menjadi salah satu faktor penyebab mengapa siswa masih mengalami kesulitan. Hal tersebut terjadi karena guru belum menggunakan media/alat peraga yang memadai dalam menjelaskan operasi hitung pengurangan. salah satu media yang dapat digunakan yaitu media dakon matematika (Dakota). Media ini dapat membantu siswa berpikir lebih cepat dan lebih mudah memahami konsep pengurangan serta dapat meningkatkan antusiasme siswa untuk mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media dakon matematika (Dakota) terhadap hasil belajar siswa pada materi pengurangan bersusun di kelas II SD Negeri 1 Biak Muli Kabupaten Aceh Tenggara. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Biak Muli Kabupaten Aceh Tenggara. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa Kelas II SDN 1 Biak Muli Kabupaten Aceh Tenggara. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi dan hasil belajar siswa berada pada kategori tuntas dengan persentase 77% siswa tuntas secara klasikal. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan media dakon matematika (Dakota) bermanfaat dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pengurangan bersusun di kelas II SDN 1 Biak Muli Kabupaten Aceh Tenggara.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...