Banyak mahasiswa di Universitas Negeri Medan mengalami kesulitan dalam menyusun artikel ilmiah yang sistematis dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana kecerdasan buatan (AI) dapat membantu meningkatkan kualitas karya tulis mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner online yang diisi oleh 36 mahasiswa dari berbagai program studi dan semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 94,4% mahasiswa telah menggunakan AI dalam menulis artikel ilmiah, terutama untuk membantu menulis kalimat yang efektif (41,7%), mencari referensi (33,3%), dan menyusun struktur artikel (22,2%). Meskipun AI memberikan manfaat signifikan, beberapa tantangan masih dihadapi mahasiswa, seperti kesulitan dalam mengintegrasikan AI ke dalam proses penulisan (41,7%) dan kekhawatiran terhadap ketergantungan berlebihan pada AI (36,1%). Oleh karena itu, optimalisasi pemanfaatan AI memerlukan pendekatan yang seimbang, dengan tetap menekankan pengembangan keterampilan berpikir kritis dan akademik secara mandiri.
Copyrights © 2025