JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Penerapan Model PjBL pada Guru dan Siswa di SMAN 1 Percut Sei Tuan

Amanda, Priska (Unknown)
Bangun, Dewi Ribreka Br (Unknown)
Turrahmah, Fadilla (Unknown)
Nahdah, Hadyan Wafi (Unknown)
Hasibuan, Nitya Ilmi (Unknown)
Arwita, Widya (Unknown)
Mukra, Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru ialah model Project Based Learning (PjBL), yang berfokus terhadap keterlibatan siswa secara langsung dalam pembelajaran berbasis pada proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model PjBL pada guru dan siswa di SMAN 1 Percut Sei Tuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini idalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, serta wawancara. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan keaktifan, berpikir kreatif, serta kolaboratif dalam pembelajaran melalui model PjBL. Maka dari itu, model PjBL terbukti membawa perubahan positif terhadap kegiatan belajar mengajar, namun tetap perlu adanya strategi tambahan dalam mengoptimalkan penerapannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...